Tips Pilih Bahan Untuk Bikin Baju Desain Sendiri

bikin-baju-desain-sendiri

Tampil menarik merupakan keinginan setiap orang. Salah satu cara untuk memenuhinya yaitu dengan menggunakan baju yang tentunya juga menarik. Saat ini tidak sulit untuk menemukan pakaian dengan model dan desain. Namun bikin baju desain sendiri juga dapat menjadi salah satu cara untuk tampil lebih menarik.

Tampil menarik, tentunya setiap orang memiliki standarnya tersendiri. Dengan membuat baju dengan desain dibuat dengan tangan sendiri tentu memiliki nilai lebih dong. Selain kamu akan tampil berbeda dengan yang lain. Kamu juga dapat meningkatkan daya kreatifitas. Dan sisi lain kamu tidak akan pernah menemukan orang lain yang menggunakan outfit yang sama ketika keluar dari rumah.

Tips Memilih Bahan Ketika Bikin Baju Desain Sendiri

Ketika memutuskan untuk membuat baju dengan desain kita sendiri tentunya harus memiliki hasil yang maksimal. Hal ini bukannya hanya dari segi desainnya saja, tetapi juga bahan yang digunakan harus yang terbaik. Untuk memilih bahan ini memang sedikit sulit. Kamu bisa mengikuti beberapa tips berikut ini ketika memilih bahan yang tepat.

1. Pastikan memiliki kemampuan untuk menyerap udara dengan baik

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan memilih bahan yang memiliki kemampuan untuk menyerap udara dengan baik. Kemampuan ini dikenal dengan breathability. Bahan yang baik tentu memiliki kemampuan tersebut dengan baik pula. Sebagai contoh bahannya yaitu linen, wool serta rayon.

2. Tidak menerawang

Tips selanjutnya yaitu pastikan bahan yang kamu pilih tidak menerawang atau tembus pandang. Itu artinya kamu harus memilih bahan yang lebih tebal. Karena bahan yang tipis tentu akan terlihat menerawang. Hal ini tentu akan menimbulkan rasa tidak nyaman ketika digunakan.

Dari banyaknya pilihan bahan dan berbagai ketebalannya, kamu dapat lebih dulu memilih bahan yang memiliki ketebalan yang tepat. Cara dapat dengan meraba dan melihatnya secara seksama. Atau bisa juga dengan membawanya ke tempat yang terang.

3. Nilai kualitas bahan

Untuk menilai kualitas bahan ini dapat dilihat dari kelenturannya. Bahan yang berkualitas biasanya cenderung lebih halus, jatuh serta memiliki tenunan yang rapat. Lalu jika diremas tidak akan meninggalkan bekas atau kesan kusut.

4. Lakukan penilaian pada tekstur bahan

Bagi kamu yang akan bikin baju desain sendiri memperhatikan tekstur dari bahan yang dipilih ini sangat penting untuk dilakukan. Hal ini tentu untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal.

Setiap bahan kain memiliki tekstur yang berbeda-beda. Ada yang lembut ada juga yang sebaliknya. Untuk kain lembut memiliki benang yang ditenun secara rapi dan teratur. Kemudian hindari untuk memilih kain yang teksturnya tidak merata. Hal ini akan membuat baju tampak tidak rapi.

5. Sesuaikan dengan modal yang dimiliki

Semua orang tentu menginginkan untuk bikin baju desain sendiri dengan kualitas terbaik dengan menggunakan bahan berkualitas tinggi. Hal tersebut memang sangatlah baik. Namun ada hal yang tidak dapat dikesampingkan, yaitu modal yang dimiliki.

Pastikan kamu memilih bahan dengan harga yang sesuai dengan budget yang ada. Sehingga tidak akan menguras ini kantong yang dimiliki namun akan tetap mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Sesuaikan dengan tujuan

Ketika memilih bahan untuk baju desain sendiri sangat penting untuk mengetahui apa tujuan dari dibuatnya baju tersebut. Misalnya untuk keseharian, maka harus memilih bahan yang selalu nyaman digunakan kapan saja. Kemudian jika dipergunakan untuk olahraga, maka pilih bahan yang mampu menyerap atau mengalirkan keringat dengan baik.

Hal ini juga bertujuan agar hasilnya sesuai dengan harapan. Setelah menetapkan tujuan, maka nantinya akan lebih mudah untuk memilih jenis kain yang berkualitas dan tepat. Dengan begitu hasil dari bikin baju desain sendiri dapat lebih maksimal dan tentu memuaskan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *