JENIS TINTA BIKIN KAOS ONLINE YANG COCOK UNTUK TEKNIK SABLON MANUAL YANG PERLU ANDA TAHU

Seperti yang kita tahu usaha bikin kaos online ini menjadi salah satu jenis usaha yang cukup menjanjikan bukan. Apalagi jika kita mampu menjalankan usaha ini dengan baik. Dimana anda jangan lupa untuk memperhatikan kualitas sablon yang akan dihasilkan. Nah, salah satu faktor yang dapat menentukan adalah kualitas hasil sablon. Yakni yang memang terkait dengan penggunaan tinta sablon bukan.  Dimana anda pun hanya perlu mengetahui secara jelas jenis tinta yang memang sesuai dengan metode penyablonan. Untuk teknik sablon bikin kaos online ini memang bisa digunakan pun cukup beragam. Karena anda pun bisa memilih metode sablon manual. Selain itu anda juga memilih sablon DTG, heat press printing, sublimasi dll. Dan beberapa teknik di atas, teknik sablon manual ini masih mendapatkan peminat yang cukup banyak.

JENIS TINTA BIKIN KAOS ONLINE YANG COCOK UNTUK TEKNIK SABLON MANUAL YANG PERLU ANDA TAHU

3 Jenis Tinta Bikin Kaos Online Yang Cocok Untuk Teknik Sablon Manual Yang Perlu Anda Tahu

Sablon manual, sesuai dengan namanya sablon ini menggunakan teknik sablon manual. Dimana teknik yang digunakan memang masih menggunakan tenaga manusia dan bukan mesin. Teknik ini juga bertujuan untuk menempelkan desain baik itu dalam bentuk gambar atau tulisan pada permukaan kaos. Sablon ini cukup diminati oleh beberapa kalangan. Hal ini dikarenakan konsumen dapat memadukan berbagai macam warna. Tidak hanya itu proses penyablonan ini lebih cepat tanpa memakan waktu yang lama. Karena paling lama proses pengerjaan sablon ini selama 14 hari. Pada metode salon manual ini, anda dapat menemukan jenis – jenis tinta yang sering digunakan diantaranya:

  1. Tinta superwhite

Untuk jenis tinta yang satu ini merupakan jenis tinta warna putih yang cocok digunakan untuk sablon pada kaos warna gelap. Walaupun superwhite ini memiliki tinta yang tidak menghasilkan warna putih yang solid.  Akan tetapi akan terlihat seperti putih yang terlihat memudar.  Untuk penggunaan tinta superwhite ini telah memiliki keuntungan. Sebab mampu menghadirkan kesan vintage. Maka alasan ini juga mengapa kaos distro ini memang cukup populer di kalangan distro.

  1. Tinta glow in the dark

Untuk jenis tinta sablon yang kedua ini memang akan terlihat menyala. Terutama ketika gelap ini dihasilkan jika anda menggunakan sablon glow in the dark. Untuk jenis tinta yang satu ini merupakan hasil perpaduan antara tinta rubber dengan fosfor. Tidak hanya itu, untuk pemakaian tinta ini memang disertai dengan tinta plastisol. Yakni sebagai under base untuk dapat memperoleh hasil yang bagus.

  1. Tinta plastisol

Dengan menggunakan tinta plastisol ini juga digunakan untuk metode sablon manual. Dimana untuk jenis tinta sablon ini memang dibuat dengan campuran bahan kimia. Selain itu campuran minyak dan plastik. Untuk tinta sablon plastisol ini memiliki keuntungan dengan daya tahan tinggi. Selain itu dapat menempel secara kuat pada permukaan kain. Selain itu keuntungan berikutnya adalah tinta plastisol ini tidak mudah kering. Dengan begitu dapat memberikan kemudahan dalam proses penyimpanan.

Selain 3 jenis tinta di atas, konveksi ini juga sering menggunakan tinta discharge.  Dimana tinta yang satu ini menawarkan hasil sablon yang halus. Dimana tinta sablon berbahan dasar air ini akan menyatu dalam serat kain. Untuk kualitas hasil sablon dari tinta discharge ini juga daya tahan tinggi. Sehingga hasil dari sablon tinta discharge ini bakal terlihat sangat bagus. Meski diaplikasikan dengan kain warna hitam.